Monday, June 15, 2015

Apa itu Mantle (Teknologi Baru Dari AMD)?

Mantle adalah sebuah API low-level yang dibuat untuk mempermudah pengaplikasian teknik pemrograman dan optimalisasi game untuk PC. Kita tahu baik Microsoft Xbox One dan Sony PlayStation 4 memiliki otak yang dibuat menggunakan aristektur X86. Dan kita juga mengerti perusahaan apa yang berada di belakang teknologi ini. Jika Anda masih bingung, Mantle merupakan API yang bisa dibilang setara dengan DirectX dan OpenGL.

Dengan teknologi ini game akan disajikan dengan lebih baik. Sama seperti pada playstation yang hanya mempunyai ram 512mb sudah bisa menjalankan game yang besar. Kalau di pc ini masih sangat berat, dengan teknologi ini game akan dioptimalkan pada pc.

Teknolog Mantle bukanlah teknologi yang disajikan secara bebas. Ia akan berjalan sempurna di GPU berarsitektur Graphics Core Next. Graphics Core Next sudah diperkenalkan semenjak tahun 2007 saat seri Radeon HD 2000 diperkenalkan. Tapi hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa sang rival, Nvidia (bahkan Intel), juga akan bisa menggunakan API ini di produk mereka – walaupun tidak seoptimal buatan sang tuan rumah.

No comments:

Post a Comment