Sunday, June 21, 2015

Pesawat Komersial Dengan Kecepatan Mencapai 1000 Km Per Jam

Pesawat komersial adalah pesawat yang digunakan sebagai angkutan umum. Nah berapakah kecepatan pesawat komersial yang sering digunakan untuk pergi berlibur ke tempat yang jauh agar memakan waktu yang singkat? Di Indonesia saya lihat rata-rata kecepatan pesawat saat terbang adalah 850 km per jam. Ini adalah pesawat dengan kelas Airbus A320, seperti yang digunakan pada AirAsia, Lion Air. Pesawat jenis ini jika terbang indonesia menuju ke daerah di Indonesia atau ke negara lain akan menggunakan kecepatan 850 km per jam atau lebih, tapi gak sampe 900 km per jam. Lalu untuk pesawat komersial yang kecepatannya mencapai 900 km per jam saya lihat dengan aplikasi flightradar24 adalah pesawat yang ukurannya lumayan besar, biasanya saya melihat pesawat SQ milik Singapore Airlines, pesawat ini biasanya ngebut dari Australia menuju ke Singapura dengan kecepatan diatas 900 km per jam. Di Layar juga terlihat ukuran pesawat ini lebih besar dari ukuran pesawat yang lain, baling-baling di sayapnya pun berjumlah 2, karena berjumlah 2 makanya bisa ngebut, setidaknya lebih cepat dari yang menggunakan baling-baling 1 dan juga bisa mengangkut penumpang lebih banyak, dari 300 sampai 500 orang, untuk yang 700 orang lewat di indonesia gak ya?

Saya pernah menemukan pesawat komersial dengan kecepatan lebih dari 1000 km per jam, tetapi pesawat tersebut tidak mengudara di atas wilayah Indonesia. Saat melaju dengan kecepatan diatas 1000 km per jam pesawat tersebut masih berada di wilayah Doha menyisiri samudra Hindia. Tetapi setelah mencapai wilayah Malaysia, Singapura dan Indonesia pesawat tersebut menurunkan kecepatan menjadi 900 km per jam sampai 850 km per jam. Lama saya ikuti jejak pesawat ini ternyata tidak pernah meningkatkan kecepatan menjadi 1000 km per jam, hanya 850 per jam ke atas. Apa pesawatnya takut ya sama gunung-gunung yang ada di Indonesia? Takut gak bisa ngeremm. Pesawat tersebut adalah Boeing 787-8 Dreamliner, ini merupakan pesawat dari Doha yang menuju ke Denpasar. Perjalanan yang ditempuhpun sangat jauh mencapai 7700 km, perjalannannya kira-kira mencapai 14 jam.




Kenapa pesawat komersial tidak mementingkan kecepatan kan bisa lebih cepat sampai pada tujuan? Akhir-akhir ini banyak orang mengutarakan go green, untuk menyelamatkan bumi. Pesawat juga ikut mendukung keselamatan bumi, jika pesawat mengutamakan kecepatan maka akan lebih banyak menghabiskan bahan bakar.

Kalau pesawat jet milik TNI kita itu bisa mencapai kecepatan 1300 - 1700 km per jam, kalau ada pesawat komersial atau pribadi yang melintas di Indonesia tanpa izin langsung dikejar pake kecepatan penuh dan dipaksa turun. Kalau tidak mau turun ya ditembak langsung. Aku bangga pada TNI.

Tag

Berapa kecepatan pesawat
Berapa kecepatan pesawat komersial

1 comment: