Wednesday, October 21, 2020

Pengertian Histogram, Macam-Macam Teknik Kompresi Citra

Histogram adalah representasi grafis untuk distribusi warna dari citra digital. Sumbu ordinat vertikal merupakan representasi piksel dengan nilai tonal dari tiap-tiap deret bin pada sumbu axis horizontalnya. Sumbu axis terdiri dari deret logaritmik yang membentuk rentang luminasi atau exposure range yang mendekati respon spectral sensitivity visual mata manusia.


Kata histogram berasal dari bahasa Yunani: histos, dan gramma. Pertama kali digunakan oleh Karl Pearson pada tahun 1895 untuk memetakan distribusi frekuensi dengan luasan area grafis batangan menunjukkan proporsi banyak frekuensi yang terjadi pada tiap kategori.


Teknik Kompresi Citra ada 2


1. Lossy Compression

• Ukuran file citra menjadi lebih kecil dengan menghilangkan beberapa informasi dalam citra asli.

• Teknik ini mengubah detail dan warna pada file citra menjadi lebih sederhana tanpa terlihat perbedaan yang mencolok dalam pandangan manusia, sehingga ukurannya menjadi lebih kecil.

2. Loseless Compression

• Biasanya digunakan pada citra foto atau image lain yang tidak terlalu memerlukan detail citra, dimana kehilangan bit rate foto tidak berpengaruh pada citra

• Beberapa teknik loseless:

- Color reduction: untuk warna-warna tertentu yang mayoritas dimana informasi warna disimpan dalam color palette.

- Chroma subsampling: teknik yang memanfaatkan fakta bahwa mata manusia merasa brightness (luminance) lebih berpengaruh daripada warna (chrominance) itu sendiri, maka dilakukan pengurangan resolusi warna dengan disampling ulang.

No comments:

Post a Comment