Wednesday, June 1, 2016

Cara Menguatkan Sinyal Router Tp-Link Tl - Mr3420

Berawal dari ingin mempunyai wifi di rumah agar mudah membagi koneksi modem yang dimiliki, saya mencari cara untuk membaginya. Berbekal koneksi yang saya punya saya coba untuk mencarinya di Om Google, hari pertama mencari belum menemukan hasil. Besoknya baru bangun saya lanjutkan mencari cara agar bisa membagi koneksi yang saya punya. Berawal dari sebuah kata kuci "router modem" yang saya gunakan untuk mencari alat yang bisa membagi koneksi modem, akhirnya saya menemukan router tp-link tl - mr3420. Saya buka web yang menjualnya, bukan web resmi tp-link. Disana dikatakan router ini merupakan router modem, yang bisa membagi koneksi dari modem. Dalam hati saya merasa sangat senang, karena hasil pencarian saya membuahkan hasil. Karena belum percaya router ini bisa membagi koneksi modem, saya membuka web resmi tp-link dan mencari router tp-link tl - mr3420. Disana tertera dengan jelas apa spesifikasi dari router ini, karena saya mengutamakan agar bisa membagi koneksi dari modem lalu saya cari keterangan tentang fungsi usbnya. Ternyata memang benar, usb portnya untuk modem dan bagusnya modem yang saya miliki sudah support atau mendukung untuk router ini. Seperti biasa jika ingin membeli sesuatu pastinya ingin tahu berapa harga barang tersebut, kalau tidak salah saya mencari harganya di bhineka.com. Wahhhhhhhhh ternyata harganya 300rb an, lumayan cukup dengan tabungan 3 bulan.

Waktunya mampir ke pertokoan komputer yang terkenal, tidak mau di tanya banyak penjual saya putuskan masuk dari pintu belakang dan langsung naik ke lantai 2 ,3,4, kenapa tidak lantai satu saya? kan gak menguras tenaga. Lantai 1 harganya selangit, mungkin karena tempatnya strategis. Ini juga karena hobi jalan2-jalan di pertokoan komputer. Disalah satu kaca di lantai 2 sepertinya ada hardware yang mirip dengan router yang dilihat di internet. Langsung tanya ke pembeli, "itu routernya bisa pakai modem gak" penjualnya menjawab "bisa pak". Saya tanya lagi "boleh dicoba?" penjualnya menjawab "boleh pak". Kebetulan saya membaya modem, jadi langsung dicoba disana.

Wahhhh ternyata mau terbagi koneksi dari modemnya. Tetapi yang menjadi masalah adalah kekuatan sinyalnya yang kurang jauh. Satu antena memiliki kekuatan standar 5dBi, kalau yang saya beli itu punya dua antena jadi 5dBI dikali 2. Setelah dipasang dirumah jangkauannya kurang memuaskan bagi saya. Akhirnya mencari cara untuk menguatkan sinyalnya, banyak cara yang saya temukan tetapi MEMERLUKAN BIASA YANG MAHAL, tidak cocok di kantong. 

Ada satu cara yang menurut saya tidak terlalu mahal, yaitu dengan mengganti antena standar router. Saya ganti dengan antena yang memiliki kekuatan 8dBi. Harga antena ini bervariasi, ada yang menjual dengan harga 80rb, 100rb, 120rb, 150rb. Yang paling murah yang 80rb saya temukan di internet, tidak mau menunggu lama karena harus menunggu pengiriman barang, akhirnya saya mencari di pertokoan komputer. Waktu itu saya putuskan kalau ada yang mau menjual dengan harga 100rb, saya akan membeli 2 antena. Walaupun lebih mahal 16rb dari membeli online lebih baik saya membeli offline. Dengan bantuan teman saya, dia berhasil menawar antena itu dengan harga 100rb. Hasilnya lumayan dari 10dBi nambah lagi 6dBi. Ada juga yang memiliki kekuatan 9dBi, dan harga cukup berbeda jauh dan menurut saya sulit mencarinya. Mungkin di daerah agan - agan ada yang jual. Terima kasih

No comments:

Post a Comment