Saturday, July 25, 2015

Jalan-Jalan Dari Desa Ubud Ke Desa Jatiluwih

Jatiluwih adalah desa yang berada di kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali,Indonesia. Jatiluwih merupakan desa wisata, dengan panorama yang indah disertai dengan sawah berundak. Udaranya juga sejuk karena berada pada ketinggian 7000 m dpl. Selama perjalanan dari Ubud Anda akan menemukan pemandangan sawah yang sangat indah. Jarak desa Jatiluwih dari Ubud kira-kira 48km. Anda dapat menempuhnya selama 2 jam menggunakan kendaraan roda empat dan mungkin bisa lebih cepat jika menggunakan sepeda motor. Selain persawahan Anda bisa melihat perkebunan bunga di wilayah Baha. Selama perjalanan dari Ubud Anda akan melintasi beberapa obyek wisata seperti Pura Taman Ayun. Kemudian Anda bisa mengunjungi desa Perean di Tabanan, dari Perean Anda kemudian menuju ke barat, nama desanya adalah Ceking. Disini Anda akan melintasi jalan pedesaan yang asri. Anda bisa melihat perkebunan masyarakat. Setelah itu jalan yang rumit akan Anda temui, disini jalannya sangat jelek, banyak lubang, hampir tidak ada celah untuk menghindar. Anda terpaksa harus memelankan kendaraan. Dari sini desa Jatiluwih berjarak 7 km, Anda harus menempuh jalan yang rusak sepanjang 5 km. Disinilah yang membuat waktu tempuh dari Ubud ke Jatiluwih semakin lama, jalan yang berjarak 5 km bisa Anda tempuh selama 45 menit. Kalau jalan yang rusak ini sudah diperbaiki pasti waktu tempuh akan menjadi singkat dan obyek wisata di Jatiluwih semaking berkembang. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, setelah Anda menempuh jalan yang berlubang dan mungkin membuat Anda jenuh, sakit pantat, kepala pusing, dll Anda akan menemukan pemandangan yang sangat indah, tidak lain tempat tersebut adalah desa Jatiluwih. Untuk tiket masuk ke desa Jatiluwih Anda harus membayar Rp 20000 (update 2015) per orang. 


Jangan takut Anda akan kelaparan karena di sini ada tempat makan di tepi sawah, Anda bisa menikmati makan dengan pemandangan sawah yang indah. Semoga desa Jatiluwih tetap bisa menjadi tempat wisata favorit di Bali.
Lihat video pemandangan desa Jatiluwih di sini






1 comment:

  1. artikel yang bagus, jadi kangen Ubud. bila membutuhkan informasi mengenai desa di Kabupaten Banyuwangi kunjungi http://desa-banyuwangi.blogspot.co.id/

    ReplyDelete