Thursday, July 30, 2015

Apa Yang Akan Terjadi Jika Mobil Diretas?

Ada dua orang hacker profesional yang mendemostrasikan bagaimana jika mobil diretas. Hacker tersebut bukannya bermaksud jahat untuk mencelakai orang lain namun untuk memberitahuan kelemahan sebuah sistem yang ada pada mobil agar diperbaiki. Apa jdinya jika hacker yang tidak bertanggung jawab meretas mobil orang lain? Untuk itu perlu bantaun hacker untuk mencari kelemahan suatu sistem, hacker ini merupakan hacker yang baik yang biasanya disebut white hat hacker.

Di Amerika Serikat (AS) ada dua orang hacker bernama Charlie Miller dan Chris Valasek yang mendemonstrasikan bagaimana mereka berhasil mengontrol ratusan mobil dari Fiat Chrysler dari jarak jauh. Mreka berhasil mengontrol mobil Jeep Cherokee produksi 2014 yang sedang melaju di jalan. Mereka memanfaatkan kelemahan sistem pada jeep, tertama sistem infotainment bernama UConnect System yang terhubung dengan internet. Inilah bahaya dari sebuah perangkat yang terhubung dengan internet. Siapa saja bisa terhubung dengan perangkat yang kita miliki. Jika mobil memiliki perangkat yang terhubung dengan internet maka sangat mudah untuk mengontrol mobil tersebut dari jarak jauh. Apa saja yang akan terjadi jika mobil kita berhasil diretas atau dikontrol oleh orang lain? 

1. Menyalakan radio, wiper dan cairannya
2. Mematikan mesin
3. Menonaktifkan rem
4. Mengontrol mobil secara penuh

Hal-hal yang ada di film sekarang sudah menjadi kenyataan, dulu di film 007 mobil dikendalikan melalui perangkan sesuler sekarang sudah menjadi kenyataan. Jika sebuah mobil terhubung dengan dunia maya maka berhati-hatilah jika suatu saat saat Anda berkendara tiba-tiba mobil Anda tidak bisa dikendalikan dan melaju tanpa kehendak Anda.

No comments:

Post a Comment