Wednesday, March 18, 2015

Cara Memindah Lokasi Temporary Files Windows

Temporary File pada Windows merupakan file yang digunakan secara sementara dan menjadi redundat saat ada suatu proses dilakukan sistem. File sementara tersebut dibuat untuk menyimpan data sementara ketika ada file sedang dibuat atau diproses atau digunakan.

Temporary File dibuat oleh Windows selama kegiatan normal berjalan saat tidak ada cukup memori yang dialokasikan untuk sebuah tugas atau proses. Beberapa aplikasi yang membutuhkan data besar seperti pengolah grafik, video, atau lainnya bisa membuat Temporary File yang cukup banyak dan biasanya tetap tertinggal di dalam harddisk walaupun proses-proses yang dijalankan aplikasi sudah selesai. Kalau ini terjadi terus menerus bisa memenuhi harddisk tanpa kita sadari.

Itulah sekilas tentang temporary files di windows, bagi yang ingin meindahkan lokasi temporary file yag semula berada di  "%systemdrive%\Windows\Temp" yang dihasilkan oleh windows dan "userprofile%\AppData\Local\Temp" yang dihasilkan oleh user mungkin karena beberapa alasan kenapa Anda ingin memindahkan lokasinya. Sebelum memindahkan lokasi dari temporary files Anda harus mengetahui bahwa mungkin bisa saja pemindahan direktori ini beresiko pada kinerja sistem. Apalagi jika Anda menggabungkan direktori Temporary File sistem dengan user karena alasan keamanan dan fungsionalitas dari program-program yang dijalankan user. Sebagai jaga-jaga buatlah restore point.

Berikut cara untuk memindahkan lokasi dari temporary files windows

  1. Buka Control panel
  2. Pilih All control panel items atau view by small icons
  3. Pilih System
  4. Pilih Advanced system settings
  5. Pada tab Advanced, pilih Environment Variables.
  6. Untuk Mengubahnya klik Edit.




No comments:

Post a Comment