Monday, March 9, 2015

Cara Setting Nako NA-238A QUARTZ Digital Clock

Saat saya jalan - jalan ke pasar malam yang saat itu saya sedang mencari sandal. Saat lewat di sebuah lapak elektronik saat itu saya lihat ada jam digital. Mumpung jam analog yang saya miliki di rumah mundur terus, mundur 10 menit mungkin nanti bisa lebih yang membuat saya telat, saya pikir untuk mencoba jam digital supaya hitungannya tepat. Akhirnya saya beli jam digital tersebut, mmm saat itu saya beli dengan harga Rp 20000, GAK DI KASI TAWAR OLEH MAS YANG JUAL. Nyampe rumah saya coba setting supaya jam nya tepat, ehhh malah gak tau cara settingnya, masuk sana, masuk sini. Setelah utak atik akhirnya bisa juga tapi pengaturan harinya masih salah, ada juga pengaturan alarmnya yang saya tidak tahu bagaimana cara mematikannya, setiap 10 menit bunyi terus. Setelah saya baca di kotak pembungkusnya ternyata ada petunjuk penggunaannya. Berikut petunjuk penggunaannya yang sudah saya translate ke bahasa indonesia, mudah-mudahan bisa dimengerti. Karena kotak pembungkusnya mau saya buang lebih baik saya catat petunjuk penggunaannya dan dibagikan ke blog. 


  1. Pada mode normal jam akan menampilkan jam, menit, detik dan minggu, tekan "D" untuk menampilkan tanggal dan tekan "S" untuk menampilkan alarm.
  2. Pengaturan alarm : tekan "M" dua kali untuk masuk mode alarm, tekan "S" untuk memilih jam dan menit, tekan "D/Date" untuk menyesuaikan jam yang diinginkan, tekan "M" untuk kembali.
  3. Pengaturan waktu : tekan "M" tiga kali untuk masuk ke mode waktu, tekan "S" untuk memilih detik, menit, jam, hari, minggu dan bulan, tekan "D" untuk memilih pengaturan yang tepat. Misal kita ingin mengatur jam, tekan "S" hingga jam berkedip kemudian tekan "D" untuk memilih jam yang diinginkan. Tekan "M" untuk kembali ke mode normal.
  4. Fungsi sport watch/stopwatch : tekan "M" satu kali untuk masuk ke mode sport watch, layar akan menunnjukkan 0:00:00, tekan "D" untuk memulai penghitungan waktu, tekan "D" untuk berhenti, dan tekan "S" untuk mereset layar ke 0:00:00.
  5. Menghidupkan dan mematikan alarm : pada mode normal, tekan "S" dan "D" secara bersamaan untuk mematikan atau menghidupakn alarm, ketika alarm aktif akan ada simbol lonceng di layar.


Semoga membantu : oleh wayan sudartana


2 comments: